Monday 10 September 2012

Budiaya Lele Sistem Boster

Dengan memanfaatkan lahan sempit menggunakan pola super intensif dengan padat tebar 1000/m2, penekanan pada: 
- Perawatan kwalitas air dengan treatment air yang tepat, 
- Penambahan supplement BOSTER pada tiap kali pemberian pakan pellet untuk memacu pertumbuhan, meningkatkan daya tahan tubuh ikan, sehingga bisa menekan FCR dan mempersingkat masa pemeliharaan sampai di dapat hasil panen sesuai dengan nilai ke-ekonomian-nya. 

Memanfaatkan lahan pekarangan disekitar rumah, bisa di buat kolam ukuran 3X3 m atau maksimal 4X4 m menggunakan kolam terpal, kolam fiber, atau kolam beton dengan kontruksi kolam yang ideal utk memudahkan sirkulasi, yaitu dengan model pembuangan dasar kolam (dibuat kotakan atau cekungan di tengah2 kolam di hubungkan dengan paralon model 'U" ) dan saluran dengan paralon model 'U' juga untuk pembuangan air permukaan. keuntungan kolam kecil : mudah kontrol kwalitas air, irit dalam sirkulasi, utk antisipasi cuaca mudah dibuat model indor. "SATU SIKLUS BUDIDAYA 60 - 90 HARI, DI DAPAT HASIL PANEN SAMPAI 1 TON, FCR 0,7 UNTUNG +/- 3.000.000 RUPIAH 


Tebaran tinggi butuh perawatan air lebih intens, lakukan sirkulasi dan sterilisasi rutin, kalau yang kami pantau selama ini yang tebaran 1000/m sirkulasi air 20% dilakukan 2 hari sekali dan sterilisasi air dilakukan seminggu sekali dengan BOSTER BLUE COPPER 1 ppm, dilanjutkan 2 hari kemudian tebar probiotik { BOSTER AQUAENZYM=dengan tujuan utk proses perombakan bahan organik ( sisa pakan & kotoran ikan ) dan utk dominasi mikroba menguntungkan } dan BOSTER PLANKTOP utk keseimbangan C/N ratio kolam utk kesinambungan pertumbuhan plankton, karena dipastikan kandungan unsur N dikolam lebih tinggi dari sisa pakan ( pakan pellet proteinnya +/-30%), dengan tambahan unsur Carbon dari BOSTER PLANKTOP diharapkan didapati C/N ratio nya optimal, sehingga perairan subur dan perombakan/ proses mineralisasi bahan organik terutama nitrogen cepat terjadi sehingga tdk terbentuk gas2 beracun ( ammonia, nitrit ) yg berbahaya bagi ikan. 

Untuk keseimbangan parameter kwalitas agar tdk fluktuatif ( pH, Alkalinity,etc) maka tebar jg secara berkala BOSTER MANSTAP ( kandungan unsur2 makro & mikro mineral berfungsi juga utk menambah unsur hara kolam ) dengan perairan yang sehat yaitu plankton tumbuh baik shg bisa suplay oksigen dari proses fotosintesisnya, lalu proses perombakan bahan organik terjadi sempurna akan didapati lingkungan ideal utk pertumbuhan ikan lele yang maksimal. Di tunjang pula dengan pola pemberian pakan + supplement utk memacu pertumbuhan dan meningkatkan daya tahan ( antibodi Ikan ) maka pertumbuhan ikan lele akan maksimal.

Untuk pola pakan karena ikan lele adalah karnivora dan termasuk hewan nokturnal ( aktif mlm hari ) golongan ikan karnivora ukuran ususnya tidak lebih panjang dari panjang badannya, dengan usus yg pendek dan kita tahu fungsi usus adalah utk penyerapan sari2 makanan maka kita harus bisa menyiasati agar proses penyerapan sari2 makanan di usus terutama protein harus dioptimalkan dengan asupan supplement yang sesuai. pola pakan : mengingat usus lele yg pendek maka beri pakan 5% dari total biomass/hari di bagi menjadi 6 kali pemberian dg porsi lebih banyak pada malam hari ( karena nokturnal ) sbg contoh : untuk pemberian pakan ambil contoh jumlah tebar 10.000, msl berat per ekor 10 gr jadi total biomass = 100 kg, berikan pakan 5% dari biomass = 5 kg / hari di bagi menjadi 5-6 kali, maka msl pagi jam 07.00= 750 gr, 11.00 = 750 gr, 15.00 = 80...0 gr, 19.00 = 900 gr, 23.00 = 900 gr, 04.00 = 900 gr. 

Tiap kali pemberian pakan berikan tambahan supplement { BOSTER AMINO LIQUID=perangsang nafsu makan dengan aroma khas (atractant ) yg disukai ikan dg kandungan asam2 amino utk stamina dan pembentukan massa otot/daging ikan; + BOSTER GROTOP= pemacu pertumbuhan dengan cara meningkatkan kerja peristaltik usus sehingga penyerapan sari2 makanan menjadi maksimal dg kandungan enzym protease mampu merombak protein pakan menjadi lebih sederhana shg protein pakan terserap maksimal,; + BOSTER PREMIX/VITALIQUID= multivitamin lengkap utk pertumbuhan dan metabolisme yg optimal } Agar asupan pakan ikan terutama protein sepenuhnya utk pertumbuhan ( pakan pellet kandungan protein 32% +/-; sedangkan kandungan protein daging lele 17%) maka daya tahan tubuhnya harus ditingkatkan dengan asupan suplement yg merangsang terbentuknya antibodi. tiap minggu selama 3 hari berturut-turut berikan asupan BOSTER FISH IMUNOVIT (dg kandungan extract echinaceae ) utk merangsang terbentuknya antibodi ikan. menghadapi cuaca yang ekstrim ( berubah-ubah) berikan asupan vitamin C ( BOSTER STRESS OFF ) utk menghindari ikan dari kondisi stress. Semuanya kembali kepada ketelitian dan ketekunan kita dalam budidaya lele utk pandai2 membaca gejala2 yg timbul dan secepatnya memberikan treatment yang tepat. 

SELAMAT BEKERJA....SUKSES bersama BOSTER

Site Reference

11 comments:

  1. Butuh ketelatenan dan kewaspadaan tinggi

    ReplyDelete
  2. Iya betul sekali pak, saya ambil referensi dari rekan yang sudah implementasi.

    ReplyDelete
  3. Mas untuk Stockist wilaya lamongan di mana, saya sudah cari do google tpi gak ketemu, mahaon bantuan nya

    ReplyDelete
  4. pola di atas apa bisaditerapkanjuga untuk ikan patin mas ? mohon info nya mas

    ReplyDelete
  5. saya tertarik untuk mencobanya, untuk 1000 benih sampai panen, brp kira2 biaya yang dibutuhkan?

    ReplyDelete
  6. GIMANA CERITANYA fcr 0,7????? LOL

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mangkanya di baca dulu gan :), dengan penerapa sistem boster dan obat2 dr boster bisa meningkatkan daya serap tubuh ikan saat makan menjadi lebih baik , pakan pelet proteinnya 30% - 33% , sedangkan ikan lele hanya mampu menyerap dan mencerna 17% protein saja ,so pakan yg qt berikan akan hilang kandungan proteinnya 13% dan jd sia2 walau ikan makan banyak tp yg di serap hanya kecil . Tp dengan treatmen sistem booster , dengan pakan sedikit qt bs meningkatkan fungsi pakan menjadi 100% yg bs di cerna tubuh ikan . Karna membuat kandungan protein pakan terserap sempurna . Logika kan guys ? So begitulah cara kerja treatmen sistem boster secara garis besar

      Delete
  7. Repot amat caranya
    Biaya tinggijuga
    Harga Pokok Produksi sekilo lele berapa?

    ReplyDelete
  8. Bisa gak tebar 2000/m3
    75 hari panen
    HPP 10rb?

    ReplyDelete
  9. padat tebar 1000 ekor per m3 apakah sampai panen dengan kepadatan itu? atau di sortir 3 ukuran dengan ending panen 300 ekor per m3? mohon jawabannya

    ReplyDelete